Teaching Reading and Grammar from Discourse Perspective

Yudi Amin

Abstract


Munculnya Analisis Wacana (Discourse Analisys) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran bahasa, karena ia menawarkan perspektif baru dalam bahasa. Dalam tugas membaca pemahaman (reading comprehension), kita sering menemukan teks dengan berbagai kegiatan tugas termasuk kegiatan sebelum membaca (pre-reading) dan sesudah membaca (post-reading), tata bahasa, kosa kata dan pengucapan. Namun, dari sudut pandang Analisis Wacana Kritis, tugas-tugas tersebut masih merupakan representasi penggunaan bahasa yang belum lengkap, karena hanya mewakili praktek secara tekstual, di mana siswa membaca teks hanya untuk mendapatkan makna secara harfiah.
Kegiatan-kegiatan di atas seharusnya juga perlu mempertimbangkan praktek sosial dan praktek penalaran (discursive) untuk mendukung proses baca tulis siswa yang lebih kritis.
Artikel ini bertujuan untuk memberikan cara yang sangat mudah agar analisis wacana dapat diterapkan dalam pengajaran bahasa asing. Dengan mengeksplorasi penggunaan bahasa alami dengan materi yang autentik, diharapkan siswa akan termotivasi untuk mengembangkan bahasa target dan mendapatkan apresiasi dan pemahaman yang lebih banyak terhadap pola-pola wacana dalam berbahasa.

Keywords


A New Perspective in Language, Critical Discourse Analysis, critical Literary of Students.

Full Text:

PDF

References


Anderson, D. 2000. Harry Potter and the Sorcerer’s Stone Unit Plan 2. Brigham Young Univ. Retrieved May 22, 2008 from http://litplans.com/titles/Harry_Potter_and_the_Sorcerers_Ston e_J_K_Rowling.html

Celce-Murcia, Marianne &Olshtain, Elite. 2000. Discourse and Context in Language Teaching. Cambridge: CUP.

Cots, Josep M. 2006.Teaching ‘with an attitude’: Critical Discourse Analysis in EFL Teaching.ELT Journal, 60 (4), 336-345.

Demo, Douglas A. 2001.Discourse Analysis for Language Teachers. Retrieved May 24, 2008 from http://www.ericdigests.org/2002-2/discourse.htm.

Fairclough, Norman. 1992.Discourse and Social Change. Oxford: Blackwell.

McCarthy, Michael & Carter, Ronald. 1994. Language as Discourse: Perspectives for Language Teacher. New York: Longman.

McCarthy, Michael. 1991. Discourse Analysis for Language Teachers I. Cambridge: Cambridge University Press.

Nunan, David. 1993. Introducing Discourse Analysis. London: Penguin English.

Partridge, B. 2000.Making Sense of Discourse Analysis. Gold Coast: Antipodean Educational Enterprises.

Rowling, J.K. 1997. Harry Potter and the Sorcerer’s Stone. US: Scholastic.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats  

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.