The Analysis of Negative Politeness Strategies Used by The Characters in “Perfume, The Story of a Murderer” Movie

Istiqamah Ardila

Abstract


Kesopanan adalah cara untuk menunjukkan kesadaran citra diri publik orang lain (Yule dalam Hasmi, 2013) dan masalah memaksimalkan efek positif dan meminimalkan efek negatif dalam suatu interaksi. Analisis kesopanan dapat dilakukan dengan menggunakan karya sastra seperti novel atau film. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kesantunan negatif yang digunakan oleh tokoh-tokoh dalam film ‚Perfume, the Story of a Murderer‛ yang diadopsi oleh Brown and Levinson (1978) dari strategi kesantunan negatif. Data difokuskan pada naskah film. Dari hasil, ditemukan ada enam strategi kesopanan negatif yang digunakan oleh karakter dari sepuluh strategi kesopanan negatif yang diajukan oleh Brown dan Levinson (1978). Strategi kesantunan yang paling negatif yang digunakan oleh karakter adalah secara langsung atau secara tidak langsung (48%) diikuti dengan memberikan rasa hormat dan meminta maaf (4%) sebagai strategi kesopanan negatif paling sedikit digunakan. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa karakter dalam film sebagai pembicara sebagian besar dihadapkan pada ketegangan yang berlawanan yaitu keinginan untuk memberi pendengar 'jalan keluar' menjadi tidak langsung, dan keinginan untuk terus merekam.

Keywords


negative politeness, strategy, Perfume, the Story of a Murderer movie

Full Text:

PDF

References


Brown, P. & Levinson, S.C. 1987. Politeness: Some Universals in Language Usage in Jaworski, A, & Coupland, N. 1999. The Discourse Reader (2nd Edition). London: Routledge.

Hamida, F.A. 2012. An Analysis on the Politeness In The Mystery Of The Blue Train Novel By Agatha Christie. Unpublished Thesis: University of Muria Kudus.

Hasmi, M. 2013. A Pragmatic Analysis of Politeness Strategies Reflected in Nanny Mcphee Movie. Unpublished Thesis: Yogyakarta State University.

Meyerhoff, M. 2006. Introducing Sociolinguistics. London: Routledge.

Nasihin, C. 2014. Politeness Strategies Used by the Main Character in Black Swan Movie. Unpublished Thesis: University of Brawijaya.

Thomas, J. 1995. Meaning in Interaction: an Introduction to Pragmatics. New York: Longman.

Wardhaough, R. 2006. An Introduction to Sociolinguistics (Fifth Edition). New York: Blackwell.

Watts, Ide, & Ehlich, 2005. Politeness in Language: Studies in its History, Theory, and Practice. New York: Mouton de Gruyter.

Yuka, A. 2009. Positive Politeness Strategies in Oral Communication/Textbook: Focusing on Terms of Address. The Economic Journal of Takasaki City University of Economics Vol.52:59-70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats  

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.