The Ethic Values of Jalaluddin Rumi’s Poems

Siti Anida Maghfira

Abstract


Literatur adalah cara untuk mengekspresikan perasaan dan imajinasi manusia melalui kata-kata. Beberapa ahli berpendapat bahwa literatur adalah bahasa tulisan yang digunakan manusia untuk menyampaikan ide-ide dan perasaan yang mereka rasakan. Seperti yang kita ketahui bersama, puisi adalah salah satu jenis dari literatur. Di dalam puisi setidaknya ada 5 nilai yang terkandung, seperti; nilai keagamaan (nilai relijius), nilai etika, nilai filosofi, nilai estetika dan nilai moral.
Dalam artikel ini hanya akan menganalisis salah satu dari kelima nilai tersebut, yaitu nilai etika, dan puisi yang akan di analisis adalah puisi-puisi karya sastrawan islam ternama yaitu jalaluddin rumi. Ada 5 puisi yang akan di analisis, yaitu: Be Lost in The Call, Through All Eternity, Be With Those Who Help Your Being, Because I Cannot Sleep and the last is The Guest House.

Keywords


literature, ethic value, poem.

Full Text:

PDF

References


Lewis. C. 1959. Poetry For You: A Book for Boys and Girls on the Enjoyment of Poetry, (GR: Basil Blackwell Oxford)

Jabrohim. 2001. Metodologi Penelitian Sastra. (Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya)

Klarer, Mario. 2004. An Introduction to Literary Studies (Second Edition), (London and New York: Routledge Taylor and Francis Group).

Mustofa, Muthmainnah. (2014). Literary Works-Life and Love, Student’s Book English Literature and It’s Teaching. Malang: Unisma.

Arp, Thomas R& Greg Johnson. 2012. Sounds and Sense: An Introduction to Poetry (Thirteenth Edition), (USA: Wadsworth Cengange Learning

------------, http://www.poemhunter.com/mewlana-jalaluddin-rumi/

-----------, http://www.gratefulness.org/poetry/guest_house.htm


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats  

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.