PENGEMBANGAN PENINGKATAN KINERJA GURU PROFESIONAL

Matnor Matnor

Abstract


Guru ialah ujung tombak dalam proses belajar mengajar didalam kelas. Oleh sebab itu keahlian guru marupakan tanda pada keberhasilan proses belajar mengajar. Disamping itu tugas profesionalisme guru mencakup tugas terhadap diri sendiri, terhadap keluarga, serta paling utama tugas di lingkungan dimana guru tersebut tinggal. Tugas-tugas tersebut tidak bisa dipisahkan dari kehidupan seseorang guru, sebab bagaimanapun juga wujud kehidupan seseorang guru merupakan ialah wujud utama yang berkaitan dengan lingkungan dimana guru tinggal, sehingga guru wajib memiliki individu yang rangkap yang wajib bisa diperankan dimana guru itu terletak. Tugas personal guru yang diartikan disini merupakan tugas yang berhubungan dengan tanggungjawab individu selaku pendidik, dirinya sendiri serta konsep pribadinya.

Tugas guruyang berhubungandengan tanggung jawab sebagai seorang pendidik,sangat erat hubungannya dengan tugasprofesionalisme yang harus dipenuhi oleh seoranggurudalamkaitannyadenganpelaksanaanprosesbelajarmengajar.Saatiniseringdijumpaibahwaseoranggurulebihmementingkantugaspribadinyadaripadaharusmelaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai seorang pendidik, sehingga tidak mustahiladanya guru yang tidak bisa melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dengan baik, karenalebih mementingkan persoalan yang berkenaan dengan pribadinya sendiri. Misalnya seoranggurutidakmengajarkarenaharusmengajarditempatlainuntukmenambahpendapatanpribadinya.Halsemacaminiseringkali mengakibatkanjatuhnyakorbanpadasalahsatupihak, yaitu anak didiknya, hal ini dikarenakan keteledoran guru yang berusaha mencaritambahanpemasukan untuk dirinyapribadi.


Keywords


Pengembangan, Kinerja guru, Profesional

Full Text:

PDF

References


Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Islam dalam Perspektif Islam. Bandung: Rajawali Rosda Karya,1991

AliSaifullah,AntaraFilsafat danPendidikan. Surabaya: UsahaNasional,1989

Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2014

M.AthiyahAl-Abrosyi,Dasar-DasarPokokPendidikanIslam. Jakarta:BulanBintang,1979

M. Surya, dkk,KapitaSelektaKependidikanSD. Jakarta:UniversitasTerbuka, 2003

Moh. Uzer Usman,MenjadiGuruProfesional, Bandung:RemajaRosdaKarya.. 1994

NanaSudjana.Dasar-dasarProsesBelajarMengajar. Bandung:SinarBaru,1991

Nawawi,Hadari.OrganisasiSekolahdanPengelolaanKelasSebagaiLembagaPendidikanJakarta:CV.HajiMasagung,1989

Pied A Sahertian dan Ida Aleida, Supervisi Pendidikan dalam Rangka Program Inservice Education. Surabaya:UsahaNasional,1990

Purwanto, Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Remaja Karya, Bandung: 2014

Roestiyah.N. K.Masalah- MasalahIlmuKeguruan. Jakarta:BinaAksara, 1986

S. Wojowasito, WJS. Poerwadarminto.Kamus Bahasa Inggris Indonesia-Indonesia InggrisBandung:Hasta,1982

SadirmanA. M,InteraksidanMotivasiBelajar. Jakarta:RajawaliPres,1991

Salim, YenySalim.KamusIndonesiaKontemporer, Modern English. Jakarta:Press,1991

SyafrudinNurdin,GuruProfesionaldanImplementasiKurikulum.Ciputat:Pers, 2002

Tim Pembina Matakuliah Didakdik Metodik, Kurikulum PBM. Surabaya: IKIP Surabaya, 1981

Undang-Undang RI NO. 20 tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional Beserta Penjelasannya, Bandung: Citra Umbara, 2013

Yunus, Mahmud. Pokok-Pokok Pendidikan dan Pengajaran. Jakarta. Hidakarya Agung: 2013

Zainal Abidin Ahmad, Memperkembangkan dan Mempertahankan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang, 2013

ZakiahDarajat,IlmuPendidikanIslam. Jakarta:Bumi Aksara,1992


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats  

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.