STRATEGI PEMIMPIN DALAM DIGITALISASI PENDIDIKAN ANWAHA TABALONG

Syahrani Syahrani

Abstract


The current condition of pandemic creates digitalization education switch in Pondok Pesantren Anwarul Hasaniyyah (Anwaha). The digitalization education employs various strategies such as visualizing, futuristic thinking, showing foresight, proactive planning, creatif thinking, taking risks, process alignment, coalition building, continuous learning, and embracing change. The strategies used are hoped to adapt with digital system and develop pesantren-model digital. 

Keywords


Strategies; Digital Education; Anwaha.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Saeful. “Revolusi 4.0 Islam dalam Merespon Tantangan Teknologi Digitalisasi.” At-Tuhfah 8, no. 2, (2019): 16-28.

Arlena, Wenny Mayana. “Kepemimpinan Visioner NET Televisi Masa Kini.” Journal Communication 7, no 1, (2016): 17-35.

Asmani, Jamal Ma’mur. Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Jogjakarta: Diva Press. 2012.

Asmuni. “Kepemimpinan Visioner Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam.” Journal of Islamic Education Management 2, no. 1, (2016): 41-60.

Bakti, AF. dan VE Meidasari. “Trendsetter Komunikasi Era Digital: Tantangan dan Peluang Pendidikan Komunikasi dan Penyiaran Islam.” Jurnal Komunikasi Islam 4, no. 1, (2014): 20-44.

Bashori, Khoiruddin. “Pendidikan Politik Era Disrupsi.” Jurnal Pendidikan 2, no. 2, (2018): 287-310.

Bramantya, Arif Rahman. “Jejak Organisasi Ratnaningsih: Digitalisasi sebagai Upaya Penyelamatan Arsip.” Diplomatika 1, no. 1, (2017): 24-37.

Christianingsih, Endah. “Manajemen Mutu Perguruan Tinggi: Studi tentang Kepemimpinan Visioner dan Kinerja Dosen terhadap Mutu Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bandun.” Manajerial 9, no. 18, (2011): 31-41

Dacholfany, M. Ihsan. “Peran Kepemimpinan Perguruan Tinggi Islam dalam Pembangunan Peradaban Islami.” Nizham 1, no. 2,( 2013): 147-164.

Hambali. “Kepemimpinan Visioner.” Madrasah 5, no. 1, (2012): 9-30.

Hamid, Abdulloh dan Santi Andriyani. “Best Practice Gaya Kepemimpinan Visioner di SD Unggulan Muslimat NU Kudus.” Quality 5, no. 2, (2017): 271-285.

Houtman, “Digitalisasi Pembelajaran dan Pembentukan Karakter Siswa Berbasis Kearifan Lokal.” Wahana Didaktika 15, no. 2, (2017): 79-98.

Husin dan Syahabuddin Nur, “Program Desiminasi Hasil Penelitian serta Pendampingan Penelitian Dosen Pemula se Kalimantan Selatan.” Journal of Character Education Society 3, no. 1, (2020): 78-85.

Irwana, Ade. “Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Efektifitas Sekolah di Sekolah Dasar.” Jurnal Administrasi Pendidikan 22, no. 2, (2015): 104-119.

Khalimah, Siti Nurul. “Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Tembalang Kota Semarang.” JMP Universitas PGRI Semarang 7, no. 3, (2018): 297-310.

Kurniawati, Ika. “Digitalisasi Buku Sekolah.” Jurnal Teknodik 16, no. 3, (2012): 364-376.

M. Indra Saputra, “Pemimpin Ideal dalam Perspektif Syair Gundul-Gundul Pacul.” Al-Tadzkiyyah 7, Nomno. 2, (2016): 303

Mahmud, Hilal. “Membangun Budaya Sekolah Efektif Melalui Kepemimpinan Visioner.” Ijer 1, no. 2, (2016): 58-64.

Mardiyanto, Verry. “Tantangan Pemimpin Perpustakaan Masa Kini Pengaturan Kepada Pengguna: Generasi Nonmelenial dan Generasi Melenial.” Jurnal Pustaka Ilmiah 3, no. 2, (2017): 448-460.

Meliantina. “Menerapkan Budaya Literasi Guru Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan di Era Industri 4.0.” Murobbi 3, no. 2, (2019): 120-139.

Muklason. “Blended Learning dari Perspektif Para Guru Sekolah di Pondok Pesantren.” Jurnal Sisfo 8, no. 2, (2019): 109-116.

Mukti, Nur. “Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah.” Jurnal Kependidikan 6, no. 1, (2018): 71-90.

Muslim, Moh. dan Sururin. “Kepemimpinan Kharismatik yang Visioner.” Esensi 19, no. 2, (2016): 148-159.

Peramesti, NP dan Dedi Kunsuma. “Kepemimpinan Ideal Pada Era Generasi Melenial.” Transformasi 10, no. 1, (2018): 73-84.

Prabowo, Harjanto. “Aspek-Aspek Pengelolaan dan Kepemimpinan Inovatif Untuk Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi di Perguruan Tinggi.” Binus Business Review 3, no. 2, (2012): 795-802.

Rodin, Rhoni. “Peluang dan Tantangan Penerapan Otomasi Perpustakaan di Indonesia.” Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan 1, no. 1, (2013): 73-79.

Rokhmah, Siti Fatkhur. “Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah dengan Pendekatan Manajemen Mutu Terpadu.” An-Nidzam 5, no. 1, (2018): 1-20.

Ronda, Daniel. “Kepemimpinan Kristen di Era Disrupsi Teknologi.” Evangelikal 3, no. 1, (2019): 1-8.

Rubawati, Efa. “Media Baru: Tantangan dan Peluang Dakwah.” Jurnal Studi Komunikasi 2, no. 1, (2018): 126-142.

Sanusi, Hartinah. “Jurnalisme Data: Transformasi dan Tantangan Era Digital.” Jurnal Tabligh 19, no. 1, (2018): 20-43.

Saputra, M. Indra. “Pemimpin Ideal dalam Perspektif Syair Gundul-Gundul Pacul.” Al-Tadzkiyyah 7, Nomno. 2, (2016): 299-311.

Shaleha, R., & Shalihah, A. (2021). Analisis Kesiapan Siswa Filial Dambung Raya Dalam Mengikuti Analisis Nasional Berbasis Komputer Di SMAN 1 Bintang Ara Kabupaten Tabalong. Joel: Journal of Educational and Language Research, 1(3), 221-234.

Siahaan, Harls E.R. “Aktualisasi Pelayanan di Era Digital.” Epigraphe 1, no. 1, (2017): 23-38.

Sugiarti. “Kendala Proses Digitaliasi Koleksi Guna Menunjang Proses Literasi Digital di UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu.” Jurnal Kepustakawanan dan Masyarakat Membaca 33, no. 2, (2017): 13-22.

Supendi, M. dan Didi Mulyadi, “Pemanfaat Smartphone dalam Proses Perkuliahan yang Efektif dan Supportive.” Jurnal Utilitas 3, no. 1, (2017): 14-19.

Supriyana. “Strategi Kepemimpinan Perpustakaan Perguruan Tinggi Menghadapi Perkembangan Teknologi Informasi” Jurnal Pustaka Ilmiah 5, no. 1, (2019): 713-725.

Syahrani, “Pembenahan Administrasi Dalam Manajemen Pondok Pesantren Anwarul Hasaniyyah Kabupaten Tabalong” Joel: Journal of educational and Language Research 1, no 5, (2021): 535-542

Syahrani, S., Manajemen Kelas yang Humanis. Al-Risalah, 14 No 1 (2018), 57-74.

Syahrani, S. (2019). Manajemen Pendidikan Dengan Literatur Qur’an. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan, (2019) 191-203.

Syahrani, S. Anwaha’s Education Digitalization Mission. INJOE: Indonesian Journal of Education, 1(1), 26-35. https://doi.org/10.54443/injoe.v1i1.5

Syahrani, S. Kesiapan Santri Dalam Mengikuti Analisis Nasional Pkpps Anwarul Hasaniyyah (Anwaha) Kabupaten Tabalong. Adiba: Journal of Education, 2 No.1 (2021), 23-31.

Syahrani, S., Humanisasi dalam Administrasi dan Manajemen Pendidikan, (2019, December 17) https://doi.org/10.31227/osf.io/9duvs

Umam, Agus Khotibul. “Pimpinan Lembaga Pendidikan Islam Visioner dan Orientasi Total Quality.” Jurnal Tarbawiyah 11, no. 1, (2014): 112-130.

Wibowo, I Gusti Agung Wisnu. “Peningkatan Keterampilan Ilmiah Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika Melalui Penerapan Pendekatan STEM dan E-Learning.” Journal of Education Action Research 2, no. 4, (2018): 315-321


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats  

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.